Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi SKPD

  • Dibaca: 4976 Pengunjung

Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepemerintahannya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli mempunyai struktur organisasi sebagai berikut :

 

    1. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Merumuskan kebijakan penyelenggaraan kearsipan dan perpustakaan daerah sesuai dengan tugas dan fungsi;
  3. Menetapkan kebijakan teknis pelaksanaan tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dan program kerja dengan sekretaris, kepala bidang, kepala sub bagian dan kepala seksi;
  5. Mengkoordinasikan sekretaris, para kepala bidang dan para kepala seksi dari instansi terkait terhadap pelaksanaan tugas agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai ketentuan yang berlaku;
  7. Memberi petunjuk kepada bawahan  dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  8. Membimbing dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan;
  9. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  10. Menyelenggarakan pembinaan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  11. Menyelenggarakan pembinaan pelayanan umum ketatausahaan perpustakaan dan kearsipan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  12. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  13. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  14. Menyampaikan usul, saran dan pertimbangan teknis penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan kepada pimpinan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

       2. Sekretaris Dinas, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja kesekretariatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melaksanakan koordinasi, singkronisasi dan integrasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan para kepala bidang agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  3. Menyelenggarakaan urusan ketatausahaan dan kepegawaian meliputi urusan persuratan, kearsipan serta kepegawaian;
  4. Menyelenggarakan urusan keuangan dan perlengkapan meliputi urusan perbendaharaan, akutansi, verifikasi, pencatatan aset dan perlengkapan;
  5. Menyelenggarakan urusan perencanaaan dan hubungan masyarakat meliputi penyusunan program dan anggaran, evaluasi, pelaporan dan hubungan masyarakat serta keprotokolan;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;
  7. Memberikan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas agar sesuai dengan rencana dan sesuai dengan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku;
  8. Membimbing dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan;
  9. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  10. Menyampaikan usul, saran dan pertimbangan teknis penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan kepada pimpinan;
  11. melaksanakan sistim pengendaliaan intern;
  12. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  13. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

    3. Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun dan menganalisis bahan rencana perumusan kebijakan, program dan kegiatan;
  2. Mengumpulkan, menyusun dan menganalisa bahan rencana anggaran;
  3. Melaksanakan pembinaan perbendaharaan, tuntutan perbendaharaan, pelayanan pembayaran dan pengelolaan kas;
  4. Melaksanakan urusan pengujian terhadap dokumen keuangan;
  5. Melaksanakan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan;
  6. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data hasil pemantauan pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran;
  7. Melaksanakan koordinasi antar sub bagian agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Mengevaluasi dan membuat laporan program kegiatan dan anggaran;
  9. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;
  10. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan rencana dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  11. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  12. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  13. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  14. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

    4. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja sub bagian umum dan kepegawaian berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melaksanakan pengelolaan kepegawaian meliputi mutasi, pengembangan karier, kesejahteraan, disiplin dan pengelolaan administrasi kepegawaian lainnya;
  3. Melaksanakan kegiatan pengelolaan ketatausahaan, persuratan dan kerumahtanggaan;
  4. Melaksanakan kegiatan pemeliharaan, perawatan, kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban bangunan gedung dan peralatan kerja;
  5. Melaksanakan koordinasi antar sub bagian agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  6. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;
  7. Memberikan petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan rencana dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  9. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

    5. Kepala Bidang Layanan, Pelestarian dan Pembudayaan Gemar Membaca,   mempunyai tugas :

  1. Menyusun kebijakan dan program kerja bidang layanan, pelestarian dan pembudayaan gemar membaca;
  2. Menyiapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang layanan, pelestarian dan pembudayaan gemar membaca;
  3. Membimbing dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan;
  4. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  5. Pengordinasian penyelenggaraan layanan dengan perangkat daerah, BUMD, instansi terkait dan masyarakat;
  6. Penyelenggaraan layanan sirkulasi, infomasi, refrensi dan layanan ekstansi (Perpustakaan Keliling);
  7. Pelaksanaan bimbingan pemustaka,stockopname bahan pustaka dan promosi layanan;
  8. Penyediaan kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan dan pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka;
  9. Pelaksanaan surveykondisi bahan perpustakaan dan pelestarian isi/nilai informasi. Bahan perpustakaandalam bentuk mikrofilm maupun digital;
  10. Pemasukkan data dalam pada komputer dan pemeliharaan, penyimpan master reprografi, fotografi dan digital;
  11. Pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;
  12. Penjilidan dan perbaikan bahan pustaka;
  13. Pengkajian minat baca masyarakat;
  14. Pengkoordinasian pemasyarakatan sosialisasi pembudayaan gemar membaca;
  15. Pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca;
  16. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  17. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  19. Melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

    6. Kepala Seksi Layanan Perpustakaan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Layanan Perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar seksi agar terjadi kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Pengkoordinasian penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah  BUMD, instansi terkait dan masyarakat;
  6. Penyelenggaraan layanan sirkulasi, layanan informasi dan layanan referensidanlayanan esktensi ( perpustakaan keliling);
  7. Pelaksanaan bimbingan perpustakaan, stok opname, penyiangan dan promosi layanan;
  8. Penyediaan kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan dan pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka;
  9. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  10. Penyediaan kotak saran  untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan dan pelaksanaan kajian kepuasan pemustaka;
  11. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan  lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  13. Melaporkan hasil pelaksaan tugas kepada pimpinan.

 

    7. Kepala Seksi Pelestarian dan Alih Media Bahan Pustaka, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi pelestarian dan alih media bahan pustaka sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar seksi agar terjalin kerja sama yang baik dan saling mendukung;
  5. Pelaksanaan survey kondisi bahan pustaka dan pelestarian isi/nilai informasi bahan pustaka dalam bentuk mikrofilm maupun digital;
  6. Penempelan identitas pada kotak mikrofilm/digital;
  7. Pemasukan data pada komputer dan pemeliharaan, penyimpanan master reprografi, fotografi dan digital;
  8. Pelaksanaan kontrol kondisi ruang penyimpanan;
  9. Penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;
  10. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  11. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan  lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  13. Melaporkan hasil pelaksaan tugas kepada pimpinan.

 

    8. Kepala Seksi Pembudayaan Gemar Membaca, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembudayaan Gemar Membacasesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Pengkajian minat baca masyarakat;
  6. Pengkoordinasian pemasyarakatan/sosialisasi pembudayaan gemar membaca;
  7. Pelaksanaan pembudayaan kegemaran membaca;
  8. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  9. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  11. Melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

    9. Kepala Bidang Pembinaan, Pengembangan dan Pengembangan dan Pengolahan Bahan Pustaka, mempunyai tugas :

  1. Menyusun kebijakan dan program kerja bidang pembinaan, pengembangan dan pengolahan bahan pustaka;
  2. Menyiapkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bidang pembinaan, pengembangan dan pengolahan bahan pustaka;
  3. Membimbing dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan;
  4. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai tugas pokok dan fungsinya;
  5. Melaksanakan perencanaan dan pendataan perpustakaan;
  6. Menyelenggarakan pembinaan dan sosialisasi dibidang perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Pelaksanaan hunting, seleksi, inventarisasi bahan perpustakaan;
  8. Pelaksanaan pengembangan koleksi bahan perpustakaan melalui pembelian, hibah dan tukar menukar bahan pustaka;
  9. Penganekaragaman bahan perpustakaan  yang mencakup kegiatan transliterasi (alih aksara), translasi (terjemahan) dan sejenisnya
  10. Melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan melalui bimtek (bimbingan teknis).
  11. Penerimaan pengolahan dan verifikasi bahan pustaka;
  12. Penyusunandiskripsi, bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subyek dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  13. Pelaksanaan verifikasi, validasi pemasukkan data ke pangkalan data;
  14. Melaksanakan kerjasama antar perpustakaan dan membangun jejaring perpustakaan;
  15. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  16. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  17. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  18. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  10. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan, mempunya tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pembinaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Melaksanakan perencanaan dan pendataan perpustakaan;
  6. Menyelenggarakan pembinaan dan sosialisasi di bidang perpustakaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Mengevaluasi pembinaan perpustakaan;
  8. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  9. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpininan.

 

  11. Kepala Seksi  Pengembangan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pengembangan  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Pelaksanaan hunting, seleksi, inventarisasi bahan perpustakaan;
  6. Pelaksanaan pengembangan koleksi bahan pustaka melalui pembelian, hibah dan tukar menukar bahan perpustakaan;
  7. Penganekaragaman bahan perpustakaan yang mencakup kegiatan transliterasi (alih aksara) translasi (terjemahan) dan sejenisnya;
  8. Melaksanakanpengembangan tenaga perpustakaan melalui bimbingan teknis (bimtek) perpustakaan;
  9. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  10. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikanoleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  12. Kepala Seksi Pengolahan Bahan Pustaka, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pengolahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundangn-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Penerimaan, pengolahan dan verifikasi bahan perpustakaan;
  6. Penyusunan deskripsi, bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subyek dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  7. Pelaksaan verifikasi, validasi, pemasukkan data ke pangkalan data;
  8. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan;
  9. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  13. Kepala Bidang Pembinaan, Pengelolaan dan Pelestarian Arsip, mempunyai tugas :

  1. Menyusun kebijakan dan porgram kerja bidang pembinaan, pengelolaan dan pelestarian kearsipan;
  2. Menyiapkanpetunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis di bidang pembinaan, pengelolaan dan pelestarian arsip;
  3. Membimbing dan menyelia tugas bawahan;
  4. Mendistribusikan tugas kepada kepala seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
  5. Koordinasi penyelenggaraan kearsipan antar seksi;
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan kearsipan;
  7. Menyiapkan bahan penyusunan kebutuhan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia kearsipan;
  8. Perencanaan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan;
  9. Melaksanakan pembinaan tentang tata kelola kearsipan pada lembaga pencipta arsip di lingkungan pemerintah daerah, BUMN, BUMD, organisasi politik, swasta dan perorangan;
  10. Pengelolaan arsip vital, statis dan dinamis;
  11. Melaksanakan penyimpanan, pemeliharaan dan perlindungan arsip statis.
  12. Melaksanakan program penilaian dan penyusutan arsip;
  13. Menyelenggarakan penyusutan dan pemusnahan arsip;
  14. Melaksanakan perawatan, perbaikan, penyelamatan dan pelestarian arsip;
  15. Meniapkan sarana prasarana restorasi dan melaksanakan fumigasi dan pest control;
  16. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karir;
  17. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  19. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  14. Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi pembinaan kearsipan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada kepala seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Koordinasi penyelenggaraan kearsipan;
  6. Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia kearsipan;
  7. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan sosialisasi kearsipan;
  8. Perencanaan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan kearsipan;
  9. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  10. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  12. Melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  15. Kepala Seksi Pengelolaan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi pengelolaan arsip sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberipetunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjadi kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan lembaga pencipta arsip swasta dan perorangan;
  6. Melaksanakan monitoring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip;
  7. Melaksanakan persiapan penetapan status arsip statisdan penyerahan arsip statis;
  8. Menerima fisik arsip dan daftar arsip;
  9. Menyelenggarakan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan pemeliharaan dan melestarikan dokumen kepustakaan kearsipan dan dokumen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  10. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembaangan karier;
  11. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  13. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

  16. Kepala Seksi Pelestarian dan Preservasi, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana kegiatan seksi Pelestarian arsipsesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Melaksanakan koordinasi antar kepala seksi agar terjadi kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan lembaga pencipta arsip swasta dan perorangan;
  6. Menyusun daftar arsip yang akan ditelusuri;
  7. Melaksanakan penataan informasi arsip statis;
  8. Menyelenggarakan pengelolaan arsip vital, statis dan dinamis;
  9. Menyiapkan sarana prasarana restorasi dan melaksanakan fumigasi dan pest control;
  10. Melaksanakan perawatan dan perbaikan arsip;
  11. Melaksanakan penataan, penyimpanan, pemeliharaan dan perlindungan arsip;
  12. Mengevaluasi dan menilai hasil kerja bawahan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembaangan karier;
  13. Melaksanakan sistem pengendalian intern;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai bidang tugasnya; dan
  15. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan.

 

 17. Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok jabatan ini terdiri dari fungsional pustakawan dan fungsional arsiparis. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli  belum memiliki  fungsional Pustakawan maupun Arsiparis. Kelompok jabatan fungsional pustakawan masih dalam proses sehingga ke depan agar segera dapat diisi mengingat lembaga sangat membutuhkan tenaga fungsional baik pustakawan maupun fungsional arsiparis.

  • Dibaca: 4976 Pengunjung